Minggu, 02 Desember 2018

Cara Membuat WADAH HIDROPONIK dari Styrofoam

Pembuatan hidroponik tidaklah semuanya rumit dan mahal, contohnya dengan sistem sumbu/wick yang dapat menggunakan bahan-bahan yang berada dekat disekitar kita. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara pembuatan wadah hidroponik sistem sumbu/wick menggunakan styrofoam yang dijamin kamu akan mengerti karena disini disertai dengan photo cara pembuatannya.

- Persiapan Bahan dan Alat
(Bahan dan alat untuk hidroponik sistem sumbu sederhana)
Bahan yang digunakan
- Styrofoam/sterofoam bekas buah
- Plastik hitam
- Solasi

Styrofoam yang digunakan adalah styrofoam yang dapat dibeli dari penjual buah terdekat, ya kira kira 5 atau 10 ribuan lah dengan model yang bermacam-macam, namun semuanya dapat dipakai kok untuk pembuatan wadah hidroponik ini. Gunakan juga plastik hitam yang tidak bocor ya karena plastik ini digunakan untuk menampung air nutrisi nantinya saat penanaman. 

Alat yang diperlukan
- Kompor gas
- pelubang
- Cutter

Gunakan kompor gas atau dapat menggunakan lampu pelita untuk memanaskan pelubang yang terbuat dari kawat berbentuk bulat yang midah ditemui di toko hidroponik setempat dan harganya pun tidak terlalu mahal.

-Tahap Pelubangan Styrofoam/sterofoam

Alat pelubang yang digunakan adalah terbuat dari jenis besi kawat yang dibuat bulat dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Cara kerja dari alat ini adalah diawali dengan membakar alat tersebut dengan bantuan kompos gas yang telah disediakan selama beberapa menit hingga besi benar-benar panas sehingga dapat melubangi stirofoam.
(Photo pemanasan alat pelubang styrofoam)
Untuk pemula dapat melakukan cara penandaan titik yang akan dilubangi dengan menggunakan pena/spodol, hal ini berguna untuk menghasilkan titik lubang yang rapi dan pas. 
(Photo penandaan titik lubang pada styrofoam sistem sumbu sederhana)
Namun untuk yang sudah bisa menggunakan langsung, bisa saja namun harus tetap hati-hati karena styrofoam yang telah dilubangi tidak dapat di ulang kembali ya, jadi harus hati-hati. 

Untuk jumlah lubang yang akan dibuat dapat disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam, mulai dari 4 lubang, 5 lubang, 6 lubang, 8 lubang, 9 lubang, dan 10 lubang. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat lubang pada styrofoam ini dengan jumlah 10 lubang karena saya akan menanam tanaman kangkung yang tidak terlalu banyak menggunakan tempat.
(Photo tahap pelubangan pada styrofoam sistem sumbu sederhana)
 Beginilah hasil dari pelubangan  tadi
(Photo styrofoam bagian atas yang telah dilubangi)
- Pemasangan Plastik
(Photo tahap pemasangan plastik pada styrofoam bagian bawah)
Hal ini berguna untuk menjaga air tetap aman tidak merembes karena ada kebocoran pada styrofoam. Lakukakn dengan menggunakan bantuan pisau dan isolasi untuk merekatkan dan tidak lepas, dapat kita lihat pada gambar.

- Tahap Akhir
(Photo hidroponik dari styrofoam yang telah selesai dibuat)
Setelah kedua bagian styrofoam ini telah selesai dibuat, maka styrofoam ini sudah dapat digunakan untuk menanam hidroponik. Untuk mendapatkan hasil panen yang banyak, maka kamu harus menambah wadah tersebut sesuai dengan keinginan kamu ya.
(Photo hidroponik dari styrofoam yang telah selesai dibuat)

Jadi cara membuat wadah hidroponik dari styrofoam ini cukup mudah bukan, cobalah terus dan berkreasilah pada hidroponik ya. Jangan lupa juga share ilmu kepada yang lain semoga dapat bermanfaat SALAM PETANI BEDASI...

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: