Sabtu, 08 Desember 2018

Cara CANGKOK Tanaman Dengan Sabut Kelapa

🌾 Cara dan Teknik Cangkok dengan sabut kelapa

 1. Proses Pelukaan
- Pembuangan Kulit
Pilihlah bagian dahan muda yang sehat dengan diameter batang sekitar 4 cm, kemudian buatlah sayatan dengan menggunakan pisau sepanjang sekitar 2-3 cm saja. Buanglah kulit batang hingga yang tersisa adalah batang yang yang licin tampa kulit seperti pada gambar.

- Pengerikan
Lakukan juga proses pengerikan pada dahan yang telah bersih namun jangan terlalu dalam, cukup 3-4 kali pengerikan saja.

- Proses Selanjutnya 
Lakukanlah proses pembiaran terhadap dahan yang telah di kupas kulit dan dikerik tersebut selama beberapa hari sekitar 2-4 hari berguna untuk mempercepat munculnya akar pada media cangkokan, atau dapat juga dioleskan dengan Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) yang tersedia di toko pertanian terdekat, silahkan minta rekomendasi produk dari penjual tersebut.

2. Pemasangan Media Cangkok
- Pemasangan Sabut Kelapa
Sabut kelapa disusun rapi pada dahan (seperti digambar) kemudian diikat dengan tali yang kuat (jangan rapia) ikatlah mulai dari bagian dalam sabut. Selanjutnya tekuklah sabut kelapa tersebut hingga kemudian dapat membentuk sebuah mangkok untuk tempat peletakan media campuran tanah dengan pupuk.

- Penambahan Media Cangkok
Tahanlah bagian bawah sabut kelapa hingga membentuk mangkok, kemudian masukkan media cangkok dengan bantuan sendok semen secara berlahan-lahan hingga terisi secara penuh.

- Tutup Bagian Sabut
Selanjutnya setelah sabut terisi media secara penuh, kemudian lakukan penutupan sabut kelapa tersebut.

- Ikat Media Cangkok
Tali yang digunakan untuk mengikat media cangkok adalah tali yang kuat, boleh dengan kabel, atau dengan tali plastik (jangan rapia). Ikatlah secara kuat agar tidak mudah goyah sehingga akar yang telah tumbuh tetap aman berada pada media cangkokan.

- Siram Media Cangkok
Siramlah media cangkokan dengan air bersih hingga media cangkokan mencapai titik jenuh terhadap air. Lakukan juga penyiraman ini secara berkala disaat media cangkkan tersebut dirasa sudah kering.

3. Pengamatan
Selanjutnya lakukanlah pengamatan pada pertumbuhan akar dari cangkokan pada tanaman tersebut. Kira-kira sekitar 2-3 bulan kedepan cangkokan sudah dapat dipisahkan dari tanaman indukan tersebut, untuk selanjutnya dipindahkan pada polybag yang lebih besar lagi.

Cara cangkok dengan sabut kelap ini dapat diaplikasikan pada semua tanaman yang berkambium (kayu) yaitu seperti cangkok tanaman klengkeng, matoa, mangga, jambu air, jambu biji, jeruk, coklat, durian, nangka, bunga dsb..


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

2 komentar:

  1. Klik Link Teknik Cangkok :
    https://youtu.be/hvfAGAaFrFo

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara memilih batang tanaman yang tepat untuk proses pembuangan kulit?? Kunjungi Kami Telkom University

    BalasHapus