Sabtu, 08 Desember 2018

Cara CANGKOK PEPAYA Secara Mudah


🌾 Cara dan Teknik Cangkok pepaya

1. Persiapan Bahan Dan Alat
- Pemilihan Tanaman
Pepaya yang akan dicangkok dapat berasal dari jenis pepaya lokal ataupun pepaya yang hasil dari persilangan (hibrida) sesuai dengan ketersediaan indukan yang akan dicangkok. 

Pilihlah tanaman pepaya yang sehat yang terhindar dari berbagai penyakit khusus pada pepaya. Pepaya yang akan dicangkok haruslah memiliki beberapa cabang yang sehat, jangan lakukan pencangkokan pada batang utama yang belum bercabang karena akan membuat tanaman utama menjadi mati. Kemudian pilihlah batang pepaya yang memiliki percabangan dengan diameter batang tidak terlalu besar sehingga  memudahkan untuk melakukan proses pencangkokan. 

- Media Cangkok
Media yang akan digunakan sebagai tempat perakaran cangkokan adalah media yang berasal dari campuran tanah, cocopeat, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

-  Alat Kerja
Adapun alat yang digunakan diantaranya adalah: pisau, stik kayu, plastik 1/2 kg, dan tali.

2. Persiapan Media Cangkok

- Pembungkusan Media
Masukkan media cangkok yang telah dicampur tadi kedalam plastik berukuran 1/2 kg secara penuh, kemudian dipadatkan dan diikat.

- Pengoyakan Plastik
Koyaklah media cangkok tersebut dengan pisau, berguna untuk memudahkan proses penyerapan air kedalam media cangkok. 

- Perendaman Media

Rendamlah media cangkok pada timba yang berisi air yang telah disediakan, kemudian tunggulah hingga media cangkok basah hingga mencapai titik jenuh terhadap air, selanjutnya angkat. 

3. Aplikasi Pencangkokan
- Pelukaan Pada Dahan
Buatlah sayatan pada dahan pepaya yang telah dipilih dengan menggunakan sebilah pisau, usahakan sayatan hanya mencapai titik tengah dahan (atau lebih sedikit) dan jangan sampai putus karena akibatnya fatal, proses pencangkokan akan gagal.

 - Pemberian Ganjal
Pemberian ganjal dilakukan dengan cara memasukkan stik kayu yang telah disediakan kedalam sayatan dahan tersebut, hingga yang akan kita dapatkan adalah sayatan dahan tersebut tetap terbuka sebagai tempat munculnya perakaran tanaman pepaya tersebut.

- Tempelkan Media Cangkok
Ambil media tadi untuk ditempelkan pada bagian dahan yang telah disayat secara hati-hati. Penempelan media dilakukan dari bagian bawah sehingga pas pada sayatan dan media pun tidak tumpah serta berceceran. 

- Pengikatan Media

Ikatlah media yang telah ditempel tadi dengan menggunakan tali awet, karena proses pencangkokan membutuhkan rentang waktu yang cukup lama, sehingga diharapkan selama proses pencangkokan tersebut, tali tidak lapuk dan lepas.

4. Pengamatan 

Lakukanlah pengamatan secara berkala pada cangkokan yang sedang di diusahakan, biasanya dalam jangka waktu kurang lebih 2-3 bulan biasanya cangkokan sudah memiliki banyak akar dan sudah bisa untuk dipisahkan dari batang utama.

Kesimpulan: ternyata cara cangkok ini dapat diaplikasikan pada tanaman yang tidak berkambium seperti pepaya ini dan cara mencangkoknya juga cukup mudah. Silahka dicoba.....

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

1 komentar:

  1. Kapan waktu terbaik untuk melakukan pencangkokan pepaya? Intip PTS terbaik di Bandung Telkom University

    BalasHapus