Sabtu, 08 Desember 2018

Cara CANGKOK Tanaman Secara Mudah

🌾 Cara dan Teknik Cangkok Tanaman

1. Persiapan Bahan Dan Alat
- Pemilihan Tanaman 
Pilihlah jenis tanaman yang akan di cangkok, dapat berasal dari jenis farietas lokal maupun, dari farietas hibrida yang unggul sesuai dengan keinginan kamu.

Pilihlah tanaman yang memiliki percabangan yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit yang nantinya untuk dilakukan pencangkokan.

- Media Cangkok
Untuk media kurang lebih sama dengan sebelumnya yaitu dari campuran tanah, cocopeat, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

- Siapkan Alat Kerja
Adapun alat yang digunakan diantaranya adalah: pisau, plastik 1/2 kg, tali, gunting, dan polybag.

2. Persiapan Media
- Pembungkusan Media
Tahap awal masukkan campuran media cangkok tersebut kedalam kantong plastik berukuran 1/2 kg secara penuh, selanjutnya dipadatkan danterus diikat.

- Pengoyakan Plastik
Koyaklah plastik pembungkus media cangkok tersebut dengan sebilah pisau, gunanya adalah untuk mempermudah proses penyerapan air kedalam media cangkok. 

 - Perendaman Media
Rendamlah media tersebut kedalam sebuah timba didalamnya berisi air yang bersih, kemudian tunggu sampai media cangkok basah hingga jenuh dengan air, selanjutnya media cangkok diangkat. 

3. Aplikasi Cangkok
- Pelukaan Pada Dahan
Buatlah sayatan dengan menggunakan pisau kemudian buang bagian kulit dari dahan tanaman tersebut, hingga terlihat bagian batang dalam yang licin.

Panjang sayatan pada dahan ini dapat disesuaikan, namun biasanya sekitar 2-3 cm saja.

- Pengikisan Pada Dahan
Lakukan pengikisan pada dahan yang telah pisahkan dari kulitnya tersebut dengan menggunakan pisau secara hati-hati dan jangan terlalu dalam, cukup 3 kali saja atau lebih. Hal ini berguna untuk memacu munculnya pertumbuhan akar dari batang, sehingga lebih cepat dan tidak terlalu lama menunggu hasil dari cangkokan tanaman tersebut.

- Tempel Media Pada Dahan
Ambillah media cangkok tadi untuk kemudian ditempelkan pada bagian dahan tanaman yang telah disayat tersebut secara hati-hati. Penempelan media dilakukan dari bagian bawah sehingga menempel pas pada sayatan dan media pun tidak tumpah serta berceceran. 

- Pengikatan Media
Ikatlah media tadi dengan tali secara kuat hingga media tidak mudah jatuh.

4. Pengamatan
Lakukanlah pengamatan secara rutin pada tanaman yang sedang dicangkok tersebut, dalam jangka 2-3 bulan tanaman sudah berakar dan sudah siap untuk dipindah tanam pada polibag.

5. Pemisahan Cangkokan
Pisahkan cangkokan yang sudah memiliki banyak akar tersebut dari tanaman utama, dengan cara memotong tangkainya dengan bantuan gunting secara hati-hati dan usahakan tidak merusak perakaran dari cangkokan tersebut.  

6. Pemindahan Ke Polybag
- Pembuangan Daun
Buanglah daun pada dahan hasil cangkokan tersebut hingga habis. Hal ini berguna untuk menekan tingkat transpirasi tanaman, serta mempercepat munculnya tunas baru pada sekitar ketiak daun yang nantinya akan berkembang menjadi menjadi besar.
- Penanaman Di Polybag
Masukkan hasil cangkokan tersebut kedalam polybag 2 kg kemudian diisi dengan campuran tanah, cocopeat, pupuk kompos dan kandang, kemudian padatkan. 


Cara cangkok ini dapat diaplikasikan pada semua tanaman yang berkambium (kayu) yaitu seperti cangkok tanaman klengkeng, matoa, mangga, jambu air, jambu biji, jeruk, coklat, durian, nangka, bunga dsb..

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: