Minggu, 09 Desember 2018

Cara Menanam ASPARAGUS Dipekarangan



🌷 Bahan dan Alat Menanam Asparagus

- Asparagus
air
Sebuah sekop
pH meter/kertas lakmus

🌷 Cara dan Teknik Menanam Asparagus

1. Langkah 1: Pemilihan Indukan

Carilah terlebih dahulu bakal indukan asparagus yang sehat dan baik, untuk mendapatkannya kamu bisa membelinya di toko online atau pembudidaya setempat yang menjual bakal asparagus tersebut.
 
Pilihan lain selain dengan menggunakan akar, kamu dapat menggunakan bakal benih yang dalam bentuk kemasan dan terjual toko pertanian terdekat, beberapa kekurangan bila menggunakan benih adalah budidayanya membutuhkan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan indukan dari akar.
 
2. Langkah 2: Tentukan Tempat
Pilihlah tempat lokasi budidaya dengan kondisi drainase yang baik serta lokasi tersebut agak ternaungi oleh beberapa pohon, hal ini dikarenakan asparagus ini termasuk tipe tanaman  ini tidak terlalu menyukai tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.
 
3. Langkah 3: Cek pH 


Pastikan tanah yang digunakan untuk menanam asparagus ini memiliki pH yang baik yaitu pada pH 6,5 > Netral, dengan menggunakan alat pengecekan pH tanah (pH Meter). Selanjutnya lakukan penyiangan pada semua gulma yang ada di area pertanaman tersebut.
 
Tips: Selain menggunakan pH meter, adapun cara lain untuk mengecek pH tanah secara tepat adalah dengan menggunakan kertas lakmus yang lebih murah dan dapat kamu beli di toko penyedia alat kesehatan dan laboratorium.
 
4. Langkah 4: Pembuatan Lubang Tanam
Galilah tanah sebagai lobang tanam dengan berbentuk V dengan kedalaman 6-8 inci serta lebar 6-8 inci. Ukuran ini juga dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.
 
5. Langkah 5: Penanaman Asparagus
Tanamanlah bakal indukan asparagus kedalam tanah yang telah di lubangi tersebut dengan kedalam 6-8 inci dengan jarak tanam antara 8-10 inci. Kemudian tutup kembali bakal indukan tersebut dengan tanah 2 hingga 3 inci, selanjutnya disiram dengan air.
 
6. Langkah 6: Perawatan
Lakukanlah perawatan secara berkala pada tanaman kamu, anggap tanaman kamu ini adalah sebagai bayi kamu yang senantiasa harus kamu rawat selalu. Beberapa perawatan yang sangat penting diantaranya adalah penyiangan gulma dan penyiraman.
 
7. Langkah 7: Panen
Ambillah bagian batang asparagus dengan memutik nya dengan tangan, selanjutnya asparagus tersebut dapat kamu olah dan siap dinikmati.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: