Jumat, 27 Desember 2019

Cara Daur Ulang Membuat Paving Blok dari Sampah Plastik


Sampah plastik adalah salah satu penyumbang sampah terbesar dibandingkan dengan sampah lainnya seperti styrofoam, besi dan kaca. Ketersediaan sampah yang sangat berlimpah ini tentunya akan memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan tinggal manusia maupun mahluk hidup lainnya. 

Karakteristik dari jenis sampah plastik ini diantaranya bertekstur elastis hingga keras, dapat meleleh di suhu yang tinggi, serta sulit terurai di alam. Perlunya pengolahan sampah plastik ini tentunya diperlukan untuk mengurangi keberadaan sampah ini sehingga tidak menumpuk.

Salah satu cara untuk mendaur ulang sampah plastik ini adalah dengan mengolah nya menjadi paving blok. Baiklah langsung saja kita bahas.

1. Pemilahan sampah
Sampah yang dipilih tentunya adalah sampah jenis plastik yang kering tidak ada air didalam sampah tersebut sehingga tidak mengganggu untuk proses selanjutnya nanti. 

2. Perebusan /peleburan sampah
Peleburan sampah dilakukan dengan cara menyangrai sampah plastik tersebut pada sebuah wajan atau kuali besar dan sudah dalam keadaan panas, sesekali sampah tersebut diaduk untuk meratakan bagian yang belum melebur.

3. Pencetakan sampah
Pencetakan paving blok dapat dilakukan dengan cara menuangkan sampah plastik yang sudah meleleh dan melebur tersebut ke wadah cetakan dengan sedemikian rupa, dimana dapat berbentuk kubur, segi lima, segitiga, bulat dsb kemudian biarkan hingga dingin dan kemudian dapat dibuka dari cetaan tersebut.

4. Hasil paving yang siap pakai
Hasil cetakan paving blok yang sudah jadi yaitu ditandai dengan tekstur yang sudah mengeras serta sudah suhu yang mendingin. Cara penggunaan paving blok ini yaitu hanya tinggal disusun pada permukaan tanah yang sudah diratakan kemudian letakkan paving blok tersebut pada permukaannya, untuk selanjutnya pada bagian sela paving blok ini diberi sedikit pasir yang berguna untuk aerasi sehingga air hujan dapat meresap kedalam tanah dan tidak menggenangi permykaan paving blok.

Sumber: www.facebook.com

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: