Rabu, 27 Juni 2018

Cara Jitu: Membuat PERANGKAP LALAT BUAH Hanya Dengan Botol Bekas

Sebelumnya penulis telah pos sebuah artikel tentang cara membuat perangkap kuning untuk lalat buah, pada kali ini penulis akan post kembali cara membuat jebakan/perangkap hama lalat buah versi 2 yang lebih sederhana secara lengkap ditambah dengan photo dokumentasi yang dapat memudahkan pembaca untuk mengikutinya dirumah.

1. Cara Pembuatan Jebakan/Perangkap Hama
- Persiapan Bahan dan Alat
      
Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan jebakan/perangkap hama lalat buah ini adalah 1 buah botol bekas 1,2 liter, senyawa pemikat hama lalat buah, kapas, dan kawat yang agak kaku.

Sedangkan alat yang digunakan diantaranya ada: pisau cutter, tang, solder dan staples.

- Pemotongan Botol Mineral
Masuk kedalam tahap pembuatan jebakan/perangkap. Diawali dengan memotong sekitar 1/3 bagian botol air mineral hingga putus dengan menggunakan sebuah pisau cutter.

- Perakitan Tempat Media Pemikat
      
Tahap selanjutnya adalah tahap pembuatan media untuk tempat pemberian cairan/senyawa pemikat. Diawali dengan melubangi dan kemudian masukkan kawat tersebut kedalam botol.

Untuk selanjutnya tambahkan sebuah kapas dengan cara dililitkan pada ujung kawat tersebut, jika mengalami kesusahan melilitkannya, maka gunakanlah tang.

- Pemberian Cairan Penarik Hama
Tambahkan cairan/senyawa penarik hama dengan merk P********L cukup sekitar 2-4 tetez saja, karena aroma dari cairan ini cukuplah kuat maka jaganlah terlalu banyak ya, serta disaat pemberian senyawa ini, usahakan hidung jangan terlalu dekat dengan alat dan jangan menghirup terlalu banyak karena senyawa ini dapat menyebabkan kamu agak sedikit pusing dan mual.

- Pemasangan Semua Rangkaian
      
Setelah selesai pemberian cairan/senyawa pemikatnya, kemudian pasangkan kembali sebagian potongan botol tadi secara terbalik seperti pada gambar, ini berguna sebagai pintu masuk bagi lalat buah menuju kedalam jebakan/perangkap hama ini.

2. Pengaplikasian 
- Peletakan Pada Area Budidaya
Letakkan jebakan/perangkap lalat tersebut pada area budidaya yang sedang diupayakan. Dalam 1 hektar, kita dapat memberikan sebanyak 4-6 unit jebakan/perangkap hama, hal ini dikarenakan daya jangkauan dari pemikat ini sangat jauh sehingga kita tidak perlu banyak memberikannya.

- Pengamatan Hama
Berdasarkan pengamatan kami pada lokasi tempat budidaya tersebut menunjukkan hasil yang sangat baik, yaitu tak selang beberapa lama setelah peletakan pada lokasi budidaya langsung ada beberapa lalat buah yang datang menghampiri jebakan/perangkap hama tersebut.

Cara kerjanya yaitu hama yang terjebak didalam botol akan terus berputar-putar untuk berusaha keluar hingga akhirnya kelelahan dan jatuh dan kemudian lalat buah tersebut akan kelelahan dan mati didalam jebakan/perangkap ini.

Lakukan juga perawatan dengan cara membersihkan bangkai lalat buah tersebut dan mengganti kapas tersebut dengan yang lebih baru serta tambahkan juga cairan pemikat hama lalat buah tersebut, dimana penggantian ini dapat dlakukan dalam kurun waktu 2 minggu sekali  untuk mengoptimalkan pengendalian hama lalat buah ini.

Bagaimana?... Cukup Mudah Bukan?...




SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: