Selasa, 11 September 2018

Cara Merangsang Pembentukan Bunga dan Buah TANAMAN SRIKAYA


Srikaya new varietas boleh jadi manja. Supaya mengeluarkan buah yang lebat la butuh perhatian ekstra. Tabulampot srikaya juara milik Muhammad Jazul justru sudah 4 kali berbuah meski tanaman baru berumur 2 tahun. Bahkan buah sebenarya muncul tenis menerus.

Mula-mula pemllik kavilng 46 di Pusat Pengembangan Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Kehutanan di Jakarta Selatan itu memilih bibit srikaya asal Australia berumur 1 tahun setinggi 1 meter. Ganti wadah dengan pot lebih besar berdiameter 60 cm, tambah dan ganti media tanam dengan yang baru. Penyiraman setiap hari, terutama saat musim kemarau, tanpa pemupukan. Setelah sosoknya sehat diwadah baru. kira-kira 3 bulan pasca pindah pot, tanaman siap dibuahkan.


Langkah-langkah:

1.  Lakukan stres air. Caranya stop penyiraman selaman 2—3 hari hingga media tanam kering, agak retak, dan daun agak layu. Segera buang daun yang menguning
2.  Siapkan larutan NPK 16:16:16 dengan dosis 1 genggam (25 gram) NPK dilarutkan dalam 2.5 l air.
3.  Siram tanaman dengan 1 gelas larutan pupuk (atau 1/10 dari larutan yang telah dibuat) Siramkan di sekeliling batang utama. Ulangi penyiraman 2 minggu kemudian dengan larutan pupuk dan dosis sama.
4.  Minggu berikutnya siram dengan air biasa.
5.  Seminggu kemudian tanaman mengeluarkan bunga.
6.  Berbarengan dengan 1tu pupuk tanaman dengan menabur 2-3 kg pupuk kandang berupa kotoran kambing hasil fermentasi di atas media.
7.  Seminggu kemudian potong setengah kelopak bunga untuk mempermudah proses penyerbukan oleh serangga maupun tangan manusia.
8.  Sebulan kemudian, bunga akan berubah menjadi pentil buah.


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: