Kamis, 04 Oktober 2018

Belajar Hidroponik Bersama KOMUNITAS HIDROPOIK DI BOGOR


Ingin bercocok tanam, namun terkendala dengan tempat tanam yang sempit.? Metode tanam HIDROPONIK adalah solusinya.

Media tanam yang digunakan bukanlah tanah, melainkan air ataupun larutan mineral bernutrisi. Komunitas hidroponik di cisarua bogor membuka  pelatihan bagi pemula, memulai dari teori dasar dan juga prakteknya. Tujuan dari pelatihan ini tentunya ingin meningkatkan daya saing produk hidroponik untuk skala yang lebih luas lagi.

Metode
Metode tanam hidroponik ada beberapa cara diantaranya plant tower dan dutch busket.
    
- Plat tower
Biasanya  digunakan pada tanaman yang tidak terlalu besar, air dan nutrisi yang telah tercampur disimpan dibagian paling bawah, secara teratur air dipompa mengalir kebagian atas tanaman.

- Dutch Bucket
Sementara untuk tanaman yang cukup besar menggunakan sistem dutch busket, cara kerjanya tidak jauh berbeda hanya saja media tanam hanya dengan tanah liat atau bahan lain yang mengandung unsur hara  seperti sekam bakar, zeolit,  perlite, vermiculite,expanden clay,  cocopeat dan rockwool.

Selanjutnya tanaman diberikan pupuk dengan unsur'' nutrisi sebagaimana persyaratan hidup tanaman, dengan konsentrasi dan jumlah yang mencukupi serta pH tertentu yang optimal bagi mereka, sehingga menghasilkan tanaman sehat yang tidak berpenyakit.

Praktek
     
Peserta juga diajak menyemai benih, kali ini media semai yang digunakan adalah rockwool yaitu serat mineral dari batuan basalt, fungsinya sebagai wadah penyimpan nutrisi serta volume oksigen sesuai kebutuhan tanaman.

Setelah bibit tertanam pada rockwool, kemudian disemprot dengan air secara merata. Selanjutnya tips untuk menjaga bibit agar tidak terkena penyakit adalah dengan cara menjaga kelembaban media serta pastikan selalu terkena cahaya matahari pagi, dan jika bibit akan ditinggal bepergian selama seharian, maka pastikan air tersebut cukup untuk dapat  bertahan seharian.

Kelebihan
Dibandingkan tanaman di media tanah, biaya perawatan dari tanaman hidroponik lebih murah bahkan pertumbuhannya 50 % lebih cepat, hasilnya tanaman yang sehat, bebas hama dan bebas unsur berat dari tanah yang berbahaya.


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: