Kamis, 06 Desember 2018

Panduan Singkat BUDIDAYA JAGUNG MANIS

LANGKAH-LANGKAH DAN CARA BUDIDAYA JAGUNG MANIS

1. PERSIAPAN LAHAN
Pengolahan lahan pertama dimulai 15 hari sebelum tanam, yaitu membalikkan atau membajak tanah, selama satu minggu tanah dibiarkan untuk memperbaiki aerasi & drainase tanah serta membunuh organisme tanah yang bisa mengganggu tanaman. 

Satu minggu kemudian dilakukan pengolahan kedua dengan meratakan tanah dan membentuk petakan-petakan penanaman dengan lebar 75 - 80 cm. Diantara petakan dibuat saluran air atau parit dengan lebar 35 cm. Pada tanah-tanah yang kurang subur di atas petakan-petakan penanaman disebar pupuk kandang 3 - 5 ton/ha, kemudian diaduk secara merata.

2. PENANAMAN
Penanaman dilakukan pada petakan-petakan yang telah dibentuk. Pada saat tanam, tanah harus lembab tetapi tidak becek, rekomendasi jarak tanam 75 cm x 25 cm.

Tanah ditugal dengan kedalaman 2 cm pada musim hujan dan 4 cm pada musim kering. Bila kondisi lahan optimum gembur, aerasinya dan drainasenya baik digunakan satu benih per lubang tanam, tetapi jika kondisi lahan kurang optimum digunakan 2 benih perlubang tanam. Untuk menghindari serangan serangga ditaburkan karbofuran di sekitar benih. Benih akan berkecambah 4 - 7 HSS. Pembumbunan dilakukan untuk memperkokoh batang, memperbaiki drainase dan mempermudah pengairan.

3. PEMUPUKAN
(Tabel Dosis Kebutuhan Pupuk Pada Jagung)
Keterangan : HSS = Hari Setelah Semai, Jarak Tanam 75 cm x 25 cm, populasi per ha = 50.000 tanaman.

4. PENJARANGAN
Dilakukan pada umur 2 - 3 minggu setelah tanam.Penyulaman dapat dilakukan pada umun satu minggu setelah tanam. Periode kritis persaingan tanaman dan gulma terjadi sejak tanam sampai sepertiga atau seperempat dan daur hidupnya. 


5. PENYIANGAN
Penyiangan pertama dilakukan pada umur 15 hari setelah tanam dan harus dijaga agar tidak merusak atau menggangu akar tanaman.

Penyiangan kedua dilakukan sekaligus pembumbunan pada waktu pemupukan kedua.

6. PEMANENAN


Tanaman jagung man is dapat dipanen pada umur 95 HSS. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan melihat Iangsung kondisi tongkol atau dengan menekan Iangsung ibu jari biasanya berada pada sepertiga biji jagung.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: