Jumat, 07 Desember 2018

Cara Menanam BAWANG PUTIH DIDALAM RUANGAN

🌷 Bahan dan Alat Menanam bawang putih

- Umbi bawang putihAirTanahPot besarGarpu/sekop

🌷 Cara dan Teknis Menanam bawang putih

1. Langkah 1: Pilihlah Bawang Putih 
Bakal umbi bawang putih ini dapat anda temui di berbagai toko kelontong dan pasar tradisonal terdekat, carilah bawang yang memiliki bentuk fisik yang sehat seperti bebas dari bercak jamur, tidak busuk serta tidak layu/kering.
 
2.. Langkah 2: Penanaman Bawang Putih
Isilah pot dengan media seperti tanah hitam ataupun lebih baik dengan menambahkan pasir dan kompos. Selanjutnya, pecahkan bongkahan bawang putih secara hati-hati, jangan sampai menyobek atau membuang kulit bawangnya. Tanamlah beberapa siung bawang putih pada pot sesuai dengan keinginan, buatlah lubang tanam sedalam dua hingga tiga inci di dalam tanah.
 
3. Langkah 3: Pemberian Sinar Matahari. 
Tempatkanlah pot yang berisi bawang putih tersebut pada area yang mendapat sinar matahari sinar matahari langsung secara penuh. Kekurangan cahaya matahari akan menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang secara normal dan alhasil tanaman akan kerdil.
 
4. Langkah 4: Penyiraman Rutin
Lakukanlah penyiraman secara berkala pada bawang putih anda hingga panen, penyiraman tersebut tidak perlu hingga mencapai titik jenuh tanah namun cukup hingga tanah menjadi lembab saja.
 
5. Langkah 5: Tunggu
Bawang putih biasanya membutuhkan waktu antara tiga dan enam bulan untuk siap panen tergantung varietasnya. Beberapa tanda  yang menunjukkan bahwa bawang sudah siap untuk panen diantaranya adalah bagian daun bagian bawah sudah mulai mengering serta daun yang bagian atas mulai menguning.
 
6. Langkah 6: Panen Bawang Putih 
Setalah tanaman bawang putih menunjukkan tanda-tanda siap dipanen seperti diatas, maka siap-siaplah untuk mendapatkan hasil panen bawang putih pertama kamu. Ambillah garpu/sekop untuk mencongkel umbi bawang putih tersebut yang terletak didalam tanah, usahakan tidak melukai bagian umbinya karena hal iru menyebabkan penurunan nilai jual pada si bawang putih tersebut.
 
7. Langkah 7: Penyimpanan Bawang Putih
Untuk menyimpan bawang putih, kamu haruslah menggantung bawang putih tersebut di tempat yang tinggi, kering, dan berventilasi baik.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: