Jumat, 07 Desember 2018

Cara Menanam BAWANG PUTIH DIPEKARANGAN

🌷 Bahan dan Alat Menanam bawang putih

- Bawang putih
Air
Soda kue (Dianjurkan)
- Rumput laut cair (Dianjurkan)
Pupuk Kandang /Kompos
Mulsa Organik

🌷 Bahan dan Alat Menanam bawang putih

1. Langkah 1: Memilih Bawang Putih
Tahap ini merupakan tahahapan awal sebelum menanam bawang putih di pekarangan rumah kamu, caranya adalah dengan membeli bawang putih tersebut dipasar terdekat, pilihlah bawang putih yang memiliki kondisi baik secara fisik seperti tidak busuk, tidak berjamur dan tidak kering. Kalau kriteria tersebut terpenuhi, maka artinya bawang tersebut dapat digunakan sebagai bakal benih.
 
2. Langkah 2: Siapkan Lokasi Menanam
Siapkan lokasi untuk menanam bawang, yaitu lokasi yang aman dari gangguan hama dan keramaian. Selanjutnya lakukan pengolah lahan secara sederhana yaitu dengan menggemburkan tanah tersebut dan tambahkanlah sedikit pupuk kompos/kandang yang sudah matang.
 
3. Langkah 3: Penanaman Bawang 
Lakukan penanaman bawang dengan cara menggali tanah tersebut sedalam 2 inci kemudian masukkan bawang kedalam lubang dengan posisi tegak keatas, kemudian tutup kembali.
 
Tips: Untuk melindungi tanaman bawang Anda dari penyakit jamur dan serangan hama, kamu dapat merendam bawang tersebut kedalam larutan yang berasal dari campuran soda kue dengan rumput laut yang telah diblender masing masing 1 sendok makan untuk 18 liter air.
 
4. Langkah 4: Pemberian Penutup Tanah 
Penutup tanah in fungsinya sama dengan mulsa yaitu berguna untuk menjaga kelembaban tanah, penutup tanah ini dapat saja berasal dari bahan-bahan organik yang ada disekitar kita seperti dedaunan, jerami, dsb.
 
5. Langkah 5: Panen
Panen bawang putih ini dapat dilakukan setelah bagian umbi bawang tersebut mencapai ukuran maksimal serta daun pada bagian bawah telah berubah menjadi coklat dan mengering. Galilah secara lembut di sekitar umbi dan kemudian keluarkan ubi tersebut dari tanah.
 
Tips: Disarankan agar tidak menunggu semua daun bawang menjadi coklat karena jika menunggu daun berubah coklat semua, maka yang akan terjadi adalah umbi bawang tersebut akan pecah sehingga tidak menarik untuk dijual dipasaran.
 
6. Langkah 6: Penyimpanan Bawang Putih 
Simpan bawang putih tersebut pada ruangan yang memiliki suhu sekitar 50 dan 65 derajat..
 
FAKTA: Kandungan senyawa dalam bawang putih yang bertanggung jawab terhadap bau tajam serta sifat penyembuhan antibakteri disebut adalah senyawa allicin.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: