Jumat, 07 Desember 2018

Cara Mengolah dan Memperbaiki TANAH LIAT / TANAH LEMPUNG

🌷 Bahan dan Alat mengolah tanah liat/lempung
- Tanah liat
- Bahan organik
- Pupuk Sulfat
- Dolomit
- Sekop

🌷 Cara dan Teknis mengolah tanah liat/lempung


1. Langkah 1: Tambahkan Bahan Organik 
 
Lakukan penambahan bahan organik seperti kompos siap pakai atau buatan sendiri ke dalam tanah liat tersebut menggunakan bantuan sekop. Bahan-bahan organik apapun yang berasal dari tumbuhan dan hewan sejatinya bisa dijadikan sebagai bahan pembenah bagi jenis tanah yang kurang baik seperti jenis tanah liat.
Tips: Jangan tambahkan pasir sebagai bahan pembenah tanah karena sifat pasir tidak dapat bercampur dengan tanah liat serta tidak dapat memperbaiki tekstur tanah liat.
2. Langkah 2: Tambahkan Pupuk Sulfat
Campur pupuk sulfat (FesO-4) sebagai sumber zat besi. Sementara ada unsur besi di tanah liat sangat sulit diserap bagi tanaman untuk mengekstraknya dari tanah liat. 
3. Langkah 3: Tambahkan Dolomit
Penambahan dolomit ini berguna untuk menetralkan pH pada Tanah liat sertan adanya kandungan gypsum yang berguna sebagai bahan yang dapat mengendurkan daya tarik tanah liat itu sendiri, sehingga tanah dapat mudah terurai.

4. Langkah 5: Pencampuran Bahan
Tahapan akhir adalah dengan mencampur semua bahan dengan menggunakan bantuan sekop kebun secara merata dan homogen, partikel tanah liat yang masih menggumpal sebisanya untuk dihancurkan sehingga tanah liat tersebut benar-benar berubah menjadi tanah yang baik untuk ditanami sayuran dan sebagainya.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: