Sabtu, 08 Desember 2018

Cara SAMBUNG/Grafting Tanaman Secara Mudah

🌾 Cara dan Teknik Sambung Tanaman

1. Persiapan Bahan
- Batang Bawah
Batang bawah yang digunakan adalah batang dari jenis tanaman yang sama dengan batang atas namun dengan jenis farietas tanaman yang berbeda yang dapat dikatakan unggul.

Batang bawah ini berasal dari hasil perbanyakan secara generatif (biji) dari tanaman indukan yang memiliki sifat khusus, yang nantinya akan digabungkan dengan tanaman farietas lain sehingga akan menghasilkan jenis farietas tanaman baru yang anda inginkan. 

Pilihlah tanaman yang sudah berusia 2 bulan atau lebih sesuai jenis tanaman yang diinginkan, dengan kondisi yang sehat dan terbebas dari gangguan penyakit sehingga proses grafting berhasil.
 - Batang Atas
Ambillah bagian batang atas dari ranting tanaman yang muda dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan diameter batang bawah. Kemudian pilihlah tanaman yang memiliki sifat yang unggul yang diinginkan untuk diperbanyak.

 2. Persiapan Batang Bawah
- Pemotongan Batang Bawah
Potonglah bagian batang bawah dengan panjang 15 cm atau kira-kira satu jengkal orang dewasa.
 - Pembelahan Batang Bawah
Batang yang telah dipotong tersebut kemudian dibelah secara vertikal dengan menggunakan bantuan pisau dengan kedalaman kira-kira 1 cm.

3. Persiapan Batang Atas
- Pemangkasan Daun
Pangkaslah daun yang ada pada tanaman bagian atas dengan bantuan gunting. Pembuangan daun ini berguna untuk mengurangi transpirasi tanaman dan memacu pertumbuhan dari tunas muda yang akan berkembang menjadi tanaman dewasa.
 - Peruncingan
Irislah bagian ujung batang bagian atas secara meruncing yang disesuaikan dengan kedalaman belahan batang bagian bawah, dibuat sedemikian rupa hingga sambungan tersebut menjadi pas.

2. Tahap Penyambungan
 - Penggabungan Batang Atas Dengan Batang Bawah
Gabungkan Batang bagian atas dengan batang bagian bawah secara berlahan, dan jangan sampai merusak hingga mengoyak belahan bagian batang bawah.

Bilaperlu tambahkan juga ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) yang tersedia di pasar, ZPT ini berguna untuk mempercepat penggabungan antara dua bagian tanaman yang disambung.

 - Pengikatan Batang Atas Dengan Batang Bawah
Ikatlah dua bagian batang tersebut dengan sejenis plastik es yang elastis sehingga mudah untuk diaplikasikan pada kedua bagian batangnya. Buatlah sebanyak 2 lapis plastik secara rapat hingga tidak akan lagi celah yang dapat menyebabkan kontaminasi dari berbagai penyakit dan jamur yang dapat mengganggu tanaman.

- Penutupan Plastik
Setelah selesai disambung, tanaman kemudian ditutup/disungkup dengan plastik bening 1/2 kg hingga menutupi bagian pangkal batang.
 - Simpan
Letakkan tanaman hasil grafting/sambungan tersebut pada tempat yang kondisinya dingin dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung, hal ini dikarenakan cahaya matahari langsung akan dapat menyebabkan tanaman menjadi kering dan lama-kelamaan tanaman akan mati.


Cara sambung/Grafting ini dapat diaplikasikan pada semua tanaman yang berkambium (kayu) yaitu seperti sambung pada tanaman klengkeng, matoa, mangga, jambu air, jambu biji, jeruk, coklat, durian, nangka, bunga dsb..



SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: