Jumat, 07 Desember 2018

Merubah Kertas Bekas MENJADI POT UNIK DAN CANTIK

🌷 Bahan dan Alat Membuat Pot dari kertas

- Benih
- air
- Kertas koran/majalah/brosur
- Kaleng cat semprot
- Wadah plastik bekas

🌷 Cara dan Teknis Membuat Pot dari kertas

1. Langkah 1: 
Potong Kertas. 
Tahap awal, lipatlah kertas koran/majalah/brosur sesuai keinginan kemudian disamakan antara satu dengan yang lainnya dan sobeklah tepat pada lipatan tersebut dengan tangan kosong. Cara lainnya adalah dapat menggunakan gunting yang lebih cepat.

2. Langkah 2: Gulung Kertas
Gulung kertas secara melingkar pada sebuah kaleng cat semprot atau yang semacamnya, hal ini bertujuan untuk membuat bentuk kertas menjadi bulat seperti pot.

3. Langkah 3: Lipat Kertas
Lipatlah bagian ujung kertas dan menekukkannya kearah bagian dalam terlihat sperti pada gambar, kemudian dirapikan hingga terlihat tidak berantakan dan eak untuk dilihat.

4. Langkah 4: Tempatkan Kertas Pada Baki. 
Tempatkan dan susun kertas yang telah berbentuk pot tersebut pada sebuah baki/wadah plastik yang bagian bawahnya telah diberikan lubang draenase air agar wadah tidak tergenang air.

5. Langkah 5: Pengisian Media Tanam
Isilah pot tersebut dengan media tanam tanah dsb hingga dirasa sudah cukup, kemudian dipadatkan sehingga disaat disiram dengan air kita tidak perlulaku menambahkan tanah lagi.

6. Langkah 6: Tanam bibit 
Masukkan benih tanaman yang akan kamu tanam pada pot tersebut, dengan jumlah yang dapat disesuaikan ukuran dari pot yang kamu buat.

Tips: Sebelum melakukan penanaman benih, ada baiknya dilakukan perlakuan terlebih dahulu terhadap benih tanaman tersebut meliputi perendaman fungisida, zpt dan sebagainya berguna untuk menjaga dari serangan jamur dan dapat memacu percepatan tumbuhnya tunas tanaman tersebut.

7. Langkah 7: Perawatan
Selanjutnya lakukanlah perawatan pada tanaman yang sedang kamu tanam, contohnya meliputi penyiraman, pemberian pupuk pembuangan gulma serta hama dan penyakit pada tanaman tersebut.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: