Rabu, 05 Desember 2018

Cara Menanam JAMUR Pada BAKI / POT


Jamur merupakan tumbuhan yang dapat menyebar melalui  spora, bukan biji. Sebagaimana kita ketahui, jamur ini beberapa dapat kita konsumsi dan beberapa lagi beracun jadi kamu harus memilih-milih jenis jamur yang bisa untuk dikonsumsi ya. Disini penulis akan mencoba mempraktekkan cara menumbuhkan jamur pada media baki/pot secara mudah dan diharapkan dapat dipraktekkan dirumah.

Alat dan Bahan Menanam Jamur

- Spora jamur
- Area lokasi tumbuh
- Tanah yang baik
Baki/pot
Substrat (bisa serasah kasu, dedak, jerami, serbuk gergaji, kompos, koran ataupun kardus)
Air panas
Alat kontrol suhu dan kelembaban
Plastik bening

Teknis dan Cara Menanam Jamur

1. Langkah 1: Pilih Jenis Jamur Yang Dapat Dikonsumsi

Tahap awal ini adalah tahap yang sangat dasar, dimana kamu harus tepat dalam memilih jenis jamur yang akan dipakai, silahkan searching beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi dan tidak menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan.
 
Beberapa jamur yang paling umum dibudidayakan yaitu seperti jamur tiram dan jamur kancing karena menurut kami jenis ini paling mudah untuk tumbuh, sementara jamur shiitake dan morel itu termasuk agak sulit untuk para pemula.
 
Selanjutnya mulailah mencari bahan spora jamur yang akan ditanam.
Tips: Belilah spora jamur yang akan ditanam pada online Shop yang sudah terpercaya menjual spora jamur tersebut.

2. Langkah 2: 
Pilih area tumbuh 
Pilihlah area tumbuh bagi jamur yang tempat yang sejuk, gelap, dan bebas dari hama yang mungkin memakan atau mencemari kebun jamur Anda. Jauhkan juga dari hewan peliharaan kamu karena hewan peliharaan dapat saja menjadi vektor penyakit yang dapat menjadi faktor penghambat budidaya kamu.

3. Langkah 3: 
Pemilihan tanah. 
Carilah tanah memiliki kondisi baik yaitu tanah hitam yang sudah di kukus untuk menghilangkan penyakit dan virus pada tanah tersebut, kemudian disebarkan pada wadah baki/pot secara merata dengan ketebalan 2 inci.

4. Langkah 4: 
Sterilkan substrat/Serasah kayu
Sterilkan substrat/serasah kayu dengan merendamnya kedalam air panas untuk membunuh jamur dan bakteri yang tidak diinginkan yang dapat merusak kumpulan jamur Anda.
Tips: Spesies jamur yang berbeda tumbuh subur di substrat yang berbeda, seperti jerami, kompos, serpihan kayu, serbuk gergaji, koran, atau kardus.

5. Langkah 5: 
Campurkan substrat/Serasah kayu
Substrat/Serasah kayu yang telah di sterilkan tadi kemudian dicampurkan dengan tanah yang telah diletakkan sebelumnya, aduklah hingga homogen dan merata. Pemberian substrak ini adalah untuk sebagai asupan makan bagi spora jamur yang lapar.

6. Langkah 6: 
Spora Jamur
Ini adalah penampakan dari spora jamur yang sudah siap di aplikasikan pada media tanam secara langsung.
 
Campurkan semua spora jamur yang telah kamu dapatkan tadi pada media campuran tanah dengan serasah kayu, kemudian tutup dengan plastik bening dengan suhu yang terjaga tergantung varietas jamur yang kamu pilih.
Tips: Beberapa varietas membutuhkan kelembaban yang lebih tinggi dari yang lain.

7. Langkah 7: 
Tunggu
Dalam waktu sekitar tiga minggu setelah penanaman, biasanya jamur akan siap dipanen dan dapat dinikmati hasilnya.
 


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: