Minggu, 16 September 2018

4 HAMA dan PENYAKIT Paling Penting Pada TOMAT ?




HPT PENYAKIT
PENTING PADA TOMAT?




1. LAYU BAKTERI

Penyakit ¡ni disebabkan oleh bakter Ralstonia solanacearum. Gejalanya adalah tanaman layu namun masih tampak hijau. Pengendaliannya dengan cara membuang tanaman terinfeksi lalu dikocor menggunakan bakteristda berbahan aktif Dazomet, Streptomycine sulfat, Asam Oksolinik. Kasugamycine Hidrokiorida dan Oksitetrasiklin.


2. BERCAK BAKTERI
Penyakit ini disebabkan bakteri Xanthomonas campestris pv. Vesicatoria. Gejala pada daun muncul bercak cokelat kehitaman, pada buah terdapat bercak bulat. cekung, kering dan keras. Gejala pada batang nampak bercak warna hitam memanjang. Pengendalian dengan menjaga sanitasi lingkungan, aplikasi bakterisida berbahan aktif Cu/tembaga dan Validarnycine.

3. HAWAR PHYTOPHTHORA
Penyakít ini disebabkan oleh jamur Phytophthora Infestans. Gejalanya daun busuk kebasahan yang berkebang menjadi kering kehitaman, pada buah menjadi abu-abu kehitaman. Pengendalian dengan menjaga sanitasi lingkungan. drainase yang baik. jarak tanam Iebih lebar. aplikasi fungisida berbahan aktif Dimetomorf. Folpet, Kioratalonil, Kapatan, Ziram, Mankozeb, Propineb,  Asibenzolar s-metil, dan lain-lain.

4. GEMINI VIRUS
Penyakit disebabkan oleh virus golongan famili Geminiviridae. Gejalanya bervariasi antara tanaman kerdil , daun mengecil dan berbentuk mangkok. dan cerwarna kuning, Pengendaliannya dengan cara mengendalikan vektornya yaitu kutu kebul (whitefly) menggunakan insektisida berbahan aktif Tiametoksan, Diafentiuron, Metidation, Siromazin. Permetrin dan Abamectin.


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: