Senin, 17 September 2018

MENGENAL BUAH TIN, Buah Surga Kaya Manfaat

1. Pengenalan

Tin (Ficus carica L.) atau buah ara adalah spesies tanaman berbunga dalam genus Ficus, dan keluarga Moraceae adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dan timur Tengah dan Asia Barat, telah dicari dan diusahakan oleh manusia sejak zaman kuno dan sekarang banyak ditanam di seluruh dunia berikiim sedang, baik untuk buah dan sebagai tanaman hias. Nama buah tin ini diambil dan bahasa Arab, juga dikenal dengan nama ‘Ara” (buah ara/pohon ara), ada juga yang menamai Anjeer sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig. Buah tin ini banyak mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Buah tin ini mempunyai banyak jenis/varietas yang tersebar di penjuru dunia. Untuk membedakanya bisa di kenali melalui bentuk daun dan buahnya, sedangkan struktur batang pohon buah tin memiliki karakteristik yang hampir sama. Seluruh bagian pohon buah tin sangat banyak mengandung getah yang berwarna putih seperti susu, getah ¡ni sangat lengket dan apabila mengenai kulit yang sensitif akan terasa gatal, bahkan apabila tidak segera dicuci akan bisa meningalkan noda yang susah hilang. Cara efektif untuk mengatasinya adalah segera membersihkan bagian tubuh yang kena getah dan pohon buah tin dengan air bersih.

2. Klasifikasi ilmiah

Kerajaan  : Plantae
Divisi  : Magnoliophyta
Kelas  : Magnoliopsida
Ordo  : Rosales
Famili  : Moraceae
Genus  : Ficus
Upagenus  : Ficus
Spesies  : F. canica
Nama binomial  : Ficus carica L. (lateks)

3. Manfaat Besar Buah Tin

Tin adaìah buah-buahan yang mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya. (unsur yang terkandung dalam buah Tin adalah karbohidrat, protein, dan minyak. Buah Tin juga mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang (fosfat), chlorin, serta asam malic dan nicotinic.

Hasil penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa buah Tin termasuk buah yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin darah, cocok sebagal obat penyakit anemia. Disamping itu buah Tin juga mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi. Selain itu, Departemen Pertanian Amerika Senikat mengungkapkan bahwa buah Tin mengandung beragam nutrisi mulai dan vitamin A, C, kalsium, magnesium hingga potasium. Buah ini juga baik untuk mengendalikan nafsu makan dan membantu usaha penurunan berat badan. Jus buah Tìn pun merupakan minuman yang baik untuk membunuh bakteri merugikan dalam sebuah peneltian.

4. Morfologi 
Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dan pantai Bahkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pulau di Australia, Argentina, serta Amerika Serikat. Di dunia terdapat sekitar 50 varietas buah tin. Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10 m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping. Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus Iainnya.

Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang mem bentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya benukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Buah tin ini mempunyai banyak jenis/varietas yang tersebar di penjuru dunia. Untuk membedakanya bisa dikenali melalui bentuk daun dan buahnya, sedangkan struktur batang pohon buah tin memiliki karakteristik yang hampir sama. Seluruh bagian pohon buah tin sangat banyak mengandung getah yang berwarna putih seperti susu, getah ini sangat lengket dan apabila mengenai kulit yang sensitif akan terasa gatal, bahkan apabila tidak segera dicuci akan bisa meningalkan noda yang susah hilang. Cara efektif untuk mengatasinya adalah segera membersihkan bagian tubuh yang kena getah dañ pohon buah tin (biasanya di tangan) dengan air bersih.

Tinggi batang pohon tin bisa mencapai beberapa meter. Batang pohon tin, apabila masih muda akan berwarna hijau dan tidak terlalu kuat, sehingga apabila terkena hempasan angin akan mudah sekali roboh, meskipun tidak sampai membuat batang muda patah karena batang muda pohon buah tin ini sangat lentur.

Untuk menghindarkan dan batang muda yang roboh, disrankan batang muda poohon buah tin disangga oleh penyangga/ajir/ lanjarani (bahasa jawa) yang terbuat dan batang bambu maupun ajir buatan yang dijual di toko-toko perlengkapan taman. Batang pohon tin yang sudah tua berwarna coklat kehitaman, tidak jauh herbeda dengan warna batang tua pohon-pohon tanaman lain.

Batang pohon buah tin bisa berukuran cukup besar dan kuat untuk dipanjat oleh orang dewasa, untuk mengendalikan pertumbuhan batang pohon buah tin ini bisa dilakukan pemotongan secara berkala (pruning).


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: