Sabtu, 15 September 2018

4 HAMA dan PENYAKIT Paling Penting Pada TERONG ?



HPT PENYAKIT
PENTING PADA TERONG ?


1. GEMINI VIRUS 
Gejala penyakit yang disebabkan gemini virus pada terong berupa perubahan warna pada daun menjadi kuning cerah, terlihat kontras sekali dengan warna daun normal. Pertumbuhan tanaman menjadi terhambat/kerdil, Virus ¡ni disebarkan melalui hama pembawanya yaitu white fly (kutu kebul) 
2. HAWAR MUMI 
Pada terong disebabkan oleh jamur Phomopsis vexans, Gejalanya berupa busuk kering, mengeras, dan muncul bintik-bintik hitam jamur pada bagian yang mengeras. Pada kondisi suhu hangat, kelembaban tinggi serta sanitasi lahan yang buruk dapat mempercepat perkembangan penyakit ini. Jamur dapat menyebar dengan mudah melalui cipratan air dan bisa bertahan di dalam tanah. 

3. LAYU BAKTERI 
Disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Gejalanya tanaman terlihat layu dan pucuk hingga tangkai, dan daun-daun masih berwarna hijau, Mudah disebarkan oleh aliran air dan dapat bertahan di dalam tanah. 

4. LAYU VERTICILLIUM 
Disebabkan oleh jamur Verticillium sp, Gejalanya daun berwarna kuning kecokelatan, lama-lama menjadi kering dan jika parah tanaman akan layu. Jamur mudah disebarkan oleh aliran air dan dapat bertahan di tanah pada sisa-sisa tanaman,

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: