Selasa, 18 September 2018

Tuttorial Cara Mengatasi PATEK / ANTRAKNOSA Pada Cabe Tahap Pembibitan

"Salam Petani bedasi" salam sejahtera, disini kami banyak sekali medapatkan pertanyaan sekitar budidaya cabe, nah, dalam kesempatan kali ini kami akan coba berbagi caranya mengatasi masalah penyakit patek/antraknosa yang biasa menyerang pada budidaya cabe kita. 

Pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas penanggulangan penyakit patek/antraknosa pada artikel Penanganan Penyakit PATEK / ANTRAKNOSA Pada CABE yang dikhususkan pada tanaman cabe yang telah memasuki masa tanam, kiranya juga perlu dilakukan penanggulangan penyakit ini pada masa lebih dini yaitu pada masa pembibitan. Nah.. pada artikel kali inilah kami akan memberikan tuttorial menanggulangi/mengendalikan penyakit patek/antraknosa pada tahap pembibitan. Okelah langsung saja disimak...

Langkah-langkahnya:
1. Rendam benih Cabe (Atau yang lainnya) dalam bak yang berisi air hangat kuku sekitar 50°C selama 30 menit, lalu kemudian tiriskan.
 
2. Siapkan bak lain untuk mencampur media tanam dengan mencampurkan pupuk kandang matang dan tanah dengan berbanding 2:1. Tambahkan pula 10 g fungisida mankozeb 80% dan 2 g insektisïda karbofuran 3 % per 25 kg media tanam. Kemudian aduk hingga homogen.
 
3. Isilah media tanam yang telah homogen tersebut kedalam baby polibag (10 x 12 cm) hingga dirasa penuh, kemudian setelah itu masukkan benih cabe yang telah direndam selama 30 menit kedalam media tanam satu-per satu.
 
4. Susun polibag dalam sungkup persemaian. Campurkan 0,5 ml insektisida mengandung profenofos 500 g/l dan 0,5 g fungisida mengandung mankozeb 80% per liter air. Campuran larutan 500 ml cukup untuk sekali menyemprot 10.000 polibag bibit. Semprotkan setiap 6 hari sekali. Umur 25 hari, bibit siap pindah tanam.





SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: