Selasa, 30 Oktober 2018

4 Hal Penting Pada BUDIDAYA DURIAN





Untuk menanam durian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

I. Pilihlah bibit varietas unggul. Varietas unggul likal seperti hepe, matahari, dan perwira. Sementara varietas introduksi antara lain monthong atau kani.

2. Berikan pupuk organik dan anorganik memadai. Pemberiannya tergantung kondisi tanah. Berikan pupuk organik 25 kg per pohon setahun. Sementara untuk pupuk anarganik, 206 g Urea, 143 g NPK, 308 g KCI per pohon jika bobot panen 50 kg. Adapun pohon berbobot panen 100 kg, butuh Urea 412 g, 286 g NPK, dan 616 g KCI per pohon. Pemupukan 3 kali, setelah panen, akhir musim kemarau, dan saat buah sebesar kelereng. Benamkan pupuk di bawah tajuk daun atau kira-kira berjarak 1—1,5 m dari pangkal batang.

3. Kendalikan organisme pengganggu tanaman. Pohan durian rentan terserang penyakit kanker batang. Untuk mengendalikannya, kerok bagian tanaman yang terserang lalu beri bubur borda, kapur, kemudian semprotkan fungisida. Konsentrssi fungisida sesuai anjuran yang tentera di label kemasan.

4. Durian cenderung tidak bisa menyerbuk sendiri. Oleh karena itu diperlukan penyerbuk dari varietas lain, sehingga buah yang terbentuk lebih banyak (lebih dari 25%), rasanya lebih manis, dan ukuran lebih besar.


SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: