Minggu, 02 Desember 2018

Cara MENGENCERKAN NUTRISI AB Mix

1. Persiapkan Bahan dan Alat

            
(Photo Bahan dan alat dalam pengenceran nutrisi Hidroponik)
 Adapun bahan yang digunakan:
- Nutrisi AB Mix
- Air bersih

Alat yang digunakan:

- Gunting
- Gayung
- Ember (1 putih dan 2 ember merah) 
- Jerigen 5 liter
- Corong

2. Masukkan Air Kedalam Ember Merah

(Photo penambahan air)
Air yang digunakan dalam pelarutan nutrisi ini adalah air yang bersih dengan pH yang normal ya, sekitar 5,5-7. hal ini perlu diperhatikan, apabila kondisi air yang cenderung asam, maka akan dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat sehingga hasil panenan pun tidak maksimal.

Jumlah air yang diperlukan untuk 1 timba adalah sebanyak 5 liter air untuk melarutkan 1 bungkus nutrisi. 

Pengenceran nutrisi haruslah dilakukan secara terpisah antara nutrisi A dan nutrisi B dengan ember yang terpisah pula, maka dari itu disini kita akan membutuhkan 5 liter untuk ember pertama khusus nutrisi A, dan 5 liter untuk ember kedua khusus untuk nutrisi B.

3. Masukkan Nutrisi Kedalam Ember
Kini ada banyak sekali produk nutrisi hidroponik siap pakai yang beredar dipasaran dengan komposisi unsur hara yang bermacam-macam, namun disini saya menggunakan nutrisi AB Mix yang biasa saya gunakan (Merk disamarkan). Disini kita harus melarutkan nutrisi sesuai dengan petunjuk penggunaan produk tersebut ya.

Next.. dalam 1 nutrisi A dan nutrisi B ini ada lagi kantong kecil ya, isinya adalah unsur hara mikro nya. 

Nutrisi A dimasukkan kedalam ember yang telah berisi air sebanyak 5 liter kemudian aduk menggunakan tangan, selanjutnya bukak kantong kecil yang berisi unsur mikro nya kedalam ember dan aduk kembal hingga tercampur rata.
(Photo pemasukan nutrisi A kedalam ember yang berisi air)
Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk melarutkan Nutrisi B
       
(Photo pemasukan nutrisi B kedalam ember yang berisi air)
4. Pengadukan
(Photo pengadukan nutrisi A dan B)
Lakukanlah pengadukan menggunakan tangan hingga homogen/rata. Ditandai dengan sudah tidak adanya butiran serbuk nutrisi yang berada pada bagian dasar ember, dan jika dirasa masih terasa butiran tersebut, maka lakukanlah pengadukan kembali hingga butiran tersebut hilang dan larut

5. Masukkan Pekatan/Biang Nutrisi A dan B kedalam Wadah

Tahap awal pemasukan pekatan/biang nutrisi A dan B adalah pemberian tanda secara terpisah untuk tiap jerigennya, dapat menggunakan spidol ataupun dapat dengan sticker. 
(Photo pemberian label atau tanda)
Kemudian masukkan pekatan/biang nutrisi A dan B kedalam jerigen tersebut hingga penuh.
(Photo pemasukan pekatan/biang kedalam jerigen)
Catatan: Perlu anda siapkan juga botol tambahan untuk menampung kelebihan pekatannutrisi tersebut karena masa air yang 5 liter + masa nutrisi A dan B akan menghasilkan masa yang berlebih, sehingga sudah dipastikan jerigen 5 liter tidak akan muat untuk menampung semua pekatan tersebut.

6. Pekatan/Biang Siap Pakai
(Photo pemasukan nutrisi A kedalam ember yang berisi air)
(Photo pekatan/biang nutrisi A dan B siap pakai)
Pekatan/Biang Nutrisi ini sudah siap pakai untuk penanaman hidroponik dengan cara diencerkan lagi dengan ari bersih sesuai dengan kepekatan PPM/EC yang diinginkan.

Untuk menjaga agar pekatan/biang nutrisi tetap baik, maka simpanlah pada tempat yang teduh atau disimpat pada tempat dengan suhu ruang, hindari cahaya matahari langsung.

SHARE THIS

Author:

Mari berbagi pengetahuan penting dan unik lainnya yang ada dibumi ini.

0 komentar: